Penanganan kasus excessive gingival dysplasia dengan teknik lip repositioning: tinjauan sistematik

Treatment of excessive gingival dysplasia with lip repositioning technique: systematic review

  • Andriani Rukmana
  • Surijana Mappangara
  • Sri Oktawati

Abstract

Tujuan: Untuk mengetahui penanganan kasus excessive gingival dysplasia disertai hiperfungsi otot bibir pada pasien dengan teknik lip repositioning. Metode: Pencarian sistematis di Pubmed dan Wiley online library dilakukan untuk mengidentifikasi semua artikel dalam jurnal berbahasa Inggris dengan tahun terbit hingga 2018. Literatur yang dipilih membahas tentang kasus excessive gingival dysplasia pada pasien dengan teknilk lip repositioning. Pencarian artikel dengan teks lengkap dilakukan secara manual, dari 29 artikel yang ditemukan, hanya 4 artikel yang dimasukkan dalam penelitian ini. Artikel terpilih di-review sesuai dengan pertanyaan PICO.
Hasil: Dari 4 laporan kasus yang memenuhi kriteria inklusi, menjelaskan bahwa pasien dengan kasus excessive gingival dysplasia disertai hiperfungsi otot bibir dapat dilakukan penanganan bedah teknik lip repositioning.
Simpulan: Pengurangan excessive gingival dysplasia pada pasien setelah operasi lip repositioning memberikan kepuasan tersendiri pada pasien. Teknik dianggap sangat sederhana dan mudah dilakukan dengan kestabilan hasil yang terlihat setelah kontrol 6-12 bulan 1 tahun pascaoperasi.

Published
2019-08-06